Pages

Banner 468

Selasa, 04 Juni 2019

Tradisi lebaran, semoga dalam kebaikan dan kemanfaatan

0 komentar
Hari lebaran tiada terasa, semua bersuka cita, alhamduliilah menyambutnya tanpa terkecuali, seluruh alam bertasbih, bertahmid, dan bertahlil mengajukan Keesaan Alloh SWT. Banyak sekali tradisi lebaran yang bisa kita lakukan dan terapkan sejak kecil, yang sudah mendarah daging tanpa bisa diubah. Asalkan tidak menyalahi aturan dalam agama dan syariatNya maka itu tidak mengapa. 

Beragam kegiatan, sajian dalam meramaikan Ramadhan, dilanjutkan dengan kegiatan ketika lebaran. Sialturohim, sajian khusus lebaran menjadikan sebuah kesyukuran tersendiri setiap tahunnya. Menjadikan ini tradisi yang indah, dan butuh dilestarikan ya. Indonesia sangat beragam dalam tradisi lebaran, banyak sekali. Diantaranya, simak ya 

Mudik

Kita yang perantau tentu sangatlah bersuka cita ketika lebaran tiba, ini saatnya kita merayakan tradisi lebaran dalam kebaikan. Momen lebaran menjadi ajang kesyukuran bagi para perantau yang nun jauh bekerja mencari rizqi di tanah lain, jauh dari kampung halaman. Menjadikan lebaran adalah momen terbaik untuk pulang. 
Mudik, tradisi yang keren, hanya di Indonesia yang memiliki tradisi ini ketika lebaran banyak orang-orang yang pulang kampung untuk menrayakannya. Puluhan juta orang, menyeberang pulau, kota, semua demi keberkahan di  hari lebaran. Ini merupakan tradisi lebaran terbesar hingga saat ini. 

Wilayah Indonesia tercinta sangat luas, bepergian atau merantau adalah salah satu hal biasa dalam kehidupan orang Indonesia. Berpisah dari sanak saudara, handai taulan bertahun-tahun, menjadikan momen lebaran adalah yang terbaik untuk menyambungkan sialturohim itu. 

2. Halal Bi Halal, kegiatan yang menyenangkan

Meskipun diantara kita banyak memakai smartphone untuk ucapkan salam lebaran, namun tidak sedikit juga bahkan sebagian besar orang Indonesia masih melakukan halal bi halal dalam menyambung kembali pertemuan dengan teman kerja, saudara, teman sekolah, dan sebagainya. Dan sampai saat ini masih dilakukan dan menjadi tradisi lebaran. 

Halal bi halal merupakan tradisi yang sudah lama terjadi, orang saling mengunjungi, merayakan bersama lebaran dengan keluarga besar, teman, kerabat, tetangga, dan sebagainya. 

Momen inilah, menjadi waktu yang baik untuk saling memaafkan. Kegiatan ini masih berlangsung sampai sekarang, bisa juga dilakukan setelah kita kembali ke tempat perantau seperti di kantor, sekolah, ataupun lainnya. 

3. Takbir Keliling, semangat

Kegiatan ini juga merupakan tradisi yang sangat baik, mengumandangkan takbir dan tahmid dengan berkeliling kota, sebagai tanda kemenangan kita selama beberapa bulan kita menerima ujian oleh Alloh, yang puncaknya di bulan Ramadhan. 

Dalam momen ini, bagaimana kebersatuan seluruh masyarakat muslim menjadikan momen terbaik dalam mengumandangkan takbir kemenangan. Turun ke jalan dengan cara yang baik, baik berkendaraan, berjalan kaki secara beramai-ramai. 

4. Menabuh Bedug, menyenangkan sekali

Kumandang takbir dengan diiringi tabuhan bedug selalu menjadi momen terindah, apalagi untuk anak kecil. Tabuhan bedug menggema di seluruh antero jagat, dengan suasana haru dan gembira. Biasanya takbir diiringi dengan tabuhan 1 atau 2 bedug sebagai penyemangat takbir keliling, baik diarak atau di masjid. 

5. Ketupat, masyaAlloh sedap

Satu ini adalah hidangan tiada terkira, hanya Indonesia yang punya. Sajian khusus lebarang dengan opor, rendang, kerupuk udangnya yang lezat, semur, dan pelengkap lainnya. Lebaran di Indonesia sangat identik dengan sajian satu ini, walau dengan penyajian yang berbeda-beda. 

6. Saling Berkirim Makanan dengan keluarga, tetangga, teman, dan sebagainya

Hantaran, tonjok, atau apapun sebutannya adalah tradisi lebaran mengirimkan makanan kepada kerabar, keluarga, teman, dan lainnya sebagai tanda bahwa kesyukuran menyambut lebaran tiba. Alhamdulillah Indonesia masih mempunyai tradisi ini. Ini mengajarkan berbagi, menjalin silaturohim kepada sesama muslim untuk semakin terjalinnya ukhuwah Islamiyah. 

7. THR, masyaAlloh suka suka 

Rejeki berupa THR, Indonesia punya. Uang yang diberikan perusahaan kepada para pekerjanya secara hak dan benar. Disesuaikan dengan ketentuan pemerintah, yang merupakan hadiah pemberian istimewa di hari istimewa. 

8. Baju Baru, alhamdulillah

Menjadikan setiap tradisi adalah kesyukuran bukan berlebihan, membeli baju baru yang sederhana dan tidak berlebih, insyaAlloh baik dilakukan sebagai syukurnya diberikan kesempatan Alloh SWT dalam menyambut lebaran. Jadi tetap dalam kebaikan dan kemanfaatan ya. 

9. Ziarah ke Makam sesepuh, orang tua

Ini salah satu bentuk kecintaan kita kepada kerabat, orang tua yang telah tiada dengan berziarah dan mendoakan kebaikan kepada mereka, supaya diberikan tempat terbaik di sisi Alloh adalah baik. Asalkan tidak dengan tindakan yang syirik ya
Menjadikan setiap tradisi lebarang sebagai kebaikan, insyaAlloh akan menjadi manfaat ketika kita melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar