Pages

Banner 468

Jumat, 31 Mei 2019

Tips berpuasa untuk anak kecil, semangat belajar dan mengajarkan kebaikan dan kemanfaatan

0 komentar

Tips berpuasa untuk anak kecil, selama Romadhon adalah bulan yang penuh dengan pembelajaran, terutama untuk anak-anak kita, baik yang sudah baligh ataupun belum. Semoga Alloh SWT selalu mudahkan kita untuk mendidik anak-anak kita dalam kebaikan dan kemanfaatan. Sangat mudah sebenarnya membelajarkan amsalah agama terutama berpuasa kepada anak-anak, namun memerlukan keteguhan, keikhlasan hati, dan tekat dari orang tua untuk membelajarkan anak-anak berpuasa.

Mengajarkan makna puasa Romadhon merupakan awal langkah penting agar anak paham apa dan tujuan berpuasa. Dengan mengerti awal manfaat dan tujuan berpuasa maka anak akan semangat dalam menjalankannya. Mengajarkannya dengan senang hati dan bersama-sama akan lebih mengena kepada anak, karena berpuasa bersama akan semakin semangat.
Mengajarinya puasa, penting adanya, belajar dari menahan lapar dan dahaga. Maka perlu adanya cara tepat dan benar dalam mengenalkan dan mengajarkannya.

Salah satu yang penting diperhatikan adalah kesehatan anak. Dalam agama Islam wajib dalam berpuasa ramadhan adalah ketika anak menginjak pubertas. Oleh karenanya wajib kita orang tua tahu akan kesehatan, gizi, dan sikap anak ketika akan memulai belajar.

Untuk anak usia di bawah 5 tahun, maka puasa yang kita kenalkan adalah sebagai pengenalan. Misal berpuasa selama beberapa jam saja, untuk belajar menahan lapar dan dahaga. Yang pas untuk memulai mengenalkan puasa adalah usia 5 tahun. Dimana usia ini tumbuh kembang anak optimal, juga tetap memperhatikan kesehatan anak kita.

Anak belajar puasa harus dalam keadaan sehat, tumbuh kembang tidak terganggu, diajarkan secara bertahap. Mengajak sahur bersama tidak terlalu pagi, agar mereka mengetahui kegiatan sebelum berpuasa, yaitu makan sahur sebelum masuk waktu sholat Subuh. Ajarkan anak berpuasa dengan senang, mengenalkan hal puasa dengan konsep yang mudah dimengerti anak kita, seperti sebab musabab kita menahan lapar ataupun sholat tarawih.
Ah simak tips berpuasa untuk anak kecil berikut ya emak-emak sholihah.

Menginjak 3 tahun dasarnya sudah bisa dikenalkan apa itu puasa, dan sudah bisa diajak puasa. Anak usia ini senang mengamati apa yang dilakukan orang dewasa di sekitarnya. Ketika seluruh anggota keluarga semangat dalam melakukan puasa, bersuka cita maka biasanya tanpa banyak bertanya biasanya anak kita akan senang ikut-ikutan berpuasa. So ciptakan suasana senang, asyik untuk anak dalam berpuasa ya mak. Maka next tips adalah :

1. Jangan paksakan anak dalam berpuasa

Awal puasa, anak mungkin semangat dalam menjalankannya walau sekedar ikutan. Untuk beberapa hari ke depan, biasanya mereka juga akan merasakan bosan berpuasa. Maka pentingnya untuk tidak memaksa anak kita melakukannya. Selama proses belajar puasa, kita tekankan bahwa ini belum wajin namun tahap belajar. Kita lakukan penuh semangat ya mak.

2. Melakukannya dengan tahapan

Anak butuh proses, tidak bisa instan. Semua perlunya kita kenalkan melalui tahapan dengan mengajarkan sesuai pemahaman mereka. Kita bersamai mereka dalam belajar puasa, kita jelaskan bahwa orang tua puasanya sampai waktu maghrib sedangkan untuk adik dan kakan bisa belajar sampai waktu Dzuhur.

Tetap kita perhatikan tumbuh kembang mereka, walau berpuasa tetap kita berikan nutrisi untuk mendukungnya mereka sepenuhnya. Untuk usia di bawah 5 tahun bisa kita ajarkan puasa per 2 jam saja.

3. Memberikan pujian kepada anak

Untuk lebih semangat berpuasa, jangan malu untuk memberikan pujian. Penting untuk membantu semangat ananda dalam belajar puasa. Kita selingkan penjelasan akan manfaat puasa. Walau tidak mengerti sepenuhnya, namun dasarnya pada bawah sadar mereka akan merekam informasi apapun yang kita berikan akan manfaat puasa.

4. Marilah kita menjadi contoh yang baik

Mendidik anak, hal penting adalah jadikan diri kita sebagai role model pertama. Jangan hanya menyuruh dan memerintah saja, namun kita gunakan bahasa kasih sayang kepada ananda, sebagai jiwa yang baik dan jernih. Contohkan diri kita dengan berpuasa yang baik dan benar sesuai ajaran Nabi SAW.

Ketika lisan dan laku kita dalam berpuasa baik, maka anak akan mencontoh kebaikan tersebut. Membelajarkan diri kita akan adab dan ilmu menjadi orang tua, maka ananda akan menjadi baik dan sempurna pula.

5. Kita lakukan dan ajarkan pembelajaran puasa ini di bulan Ramadhan tahun berikutnya

Untuk tahun berikutnya, kita bisa ajarkan lagi hal yang sama akan puasa sebenarnya sesuai syariat. Dengan pengulangan tiap tahun dan semakin berkembangnya ananda akan memberikan kebaikan dan kemanfaatan berlanjut tiap tahunnya. Semakin mempermudah kita dalam mengajarkan puasa dalam arti sebenarnya. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka secara baik.
Semangat kita dalam membelajarkan tiap harinya dalam berpuasa adalah penting.

Dengan memberikan aktivitas bermanfaat, dan sebagainya. Mengajak anak untuk menyiapkan menu kesenangan mereka, baik menu berbuka dan sahur. Memberi motivasi tiada henti dan memberikan reward sebagai bagian dari terima kasih kita kepada mereka mau belajar sabar dalam berpuasa.

Maka, emak-emak pentingnya kita selalu menambah ilmu dan belajar adab untuk memperbaiki diri kita, agar bisa mendidik anak-anak dengan sempurna. Menjadikan mereka manusia yang baik dan manfaat dunia dan akhirat. Menjadikan mereka insan terbaik dunia dan akhirat, maka belajarlah kita akan adab dan ilmu sebagai orang tua. Itulah beberapa tips berpuasa untuk anak kecil agar ananda selalu menjadi anak sholih dan sholihah. aamiin. Happy fasting Ramadhan 1440 H.

0 komentar:

Posting Komentar