Pages

Banner 468

Kamis, 09 Mei 2019

Resep Sayur Asem Ramadhan Ceria

0 komentar
          Benarkah adanya, membelajarkan anak dalam berpuasa membuat seorang ibu untuk berpikir kreatif. Salah satunya menyiapkan menu yang mantap dan kesukaan anak-anak.  So untuk anak-anakku sendiri tidak begitu rewel akan menu.  Puasa kali ini bertambah satu lagi yang berpuasa yang no 3. Usia 5 tahun,  alhamdulillah sudah tertarik dan berusaha kuat untuk menjalankan ibadah puasa.

          Untuk menu berat salah satu kesukaan mereka yaitu sayur asem.  Hampir setiap waktu mereka selalu rikues menu buka dan sahur yaitu sayur asem.  Segar dan berkuah mantap yang sayur ini jadi favorit mereka.  Resep sayur asem, menu yang tidak akan lekang dimakan waktu.  Pada dasarnya sangat mudah dan berisi berbagai macam jenis sayuran.  Sebagai sumber protein,  vitamin, dan mineral tubuh orang yang berpuasa.

          Sederhana sekali lo resep sayur asem favorit keluarga kami.  Diantaranya :
Untuk yang dibutuhkan terdiri

1. Sayur mayur seperti

Jagung.  Salah satu pengganti karbohidrat yang baik selain nasi.  Meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa membantu ketahanan fisik kami dalam berpuasa

Kangkung.  Membantu membersihkan pencernaan,  sehingga membuat tubuh tetap sehat dan menambah energi selama berpuasa

Kacang panjang.  Menurunkan kadar glukosa tubuh

Daun melinjo.  Membantu metabolisme tubuh semakin prima

Mentimun.  Mencegah sembelit

Tauge.  Melancarkan pencernaan

2. Bumbu-bumbu ada

Laos
Garam
Bawang merah
Bawang putih
Asem matang,  lebih enak menggunakan cempaluk atau asem mentah

3. Cara memasaknya.  Gampang sekali. Siapkan bahan dan bumbu . Cuci bersih.

4. Haluskan bumbu.  Bisa langsung dimasukkan ketika air bakal kuah mendidih atau disangrai dulu.  Sesuai selera

5. Kemudian masukkan asem mateng atau cempaluk ke dalam air mendidih dan masukkan semua bumbu yang siap tadi sambil diaduk, setelah hampir mandidih air nya,  masukkan semua sayur mayur ke dalamnya

6. Setelah matang secara sempurna langsung sajikan

          Pada dasarnya,  resep sayur asem sangatlah mudah dan banyak yang bisa.  Asalkan masak dengan hati happy, ikhlas,  maka akan menjadi menu sahur atau buka yang iatimewa.  Anak-anak lebih semangat berpuasa dengan menu kesukaan mereka.  Menjadikan setiap momen puasa menjadi istimewa dan menyenangkan.

          Puasa bagi anak-anak adalah ibadah yang berat,  karena usia mereka yang belum baligh.  Menjadikan puasa sebagai ajang belajar bagi mereka untuk menjadi pribadi yang baik,  manfaat,  dan tangguh di masa depan.  Melalui sajian favorit mereka yaitu resep sayur asem, setidaknya membantu mereka menjalankan puasa dengan senang dan ikhlas.

          Mengajarkan puasa yang baik dan benar sesuai ajaran agama,  bisa melalui menu sahur dan buka yang sederhana.  Sehingga mereka akan belajar cara menguatkan diri dalam berpuasa, melatih mental baja dalam setiap ujian hidup.  Melalui ajaran sederhana makan dengan seadanya dan menerima atau bersyukur,  adalah ilmu penting dalam penerapan adab dan ilmu kepada anak usia dini.

         Kembali ke resep sayur asem,  bisa dimodifikasi dengan berbagai macam sayur mayur dan aneka topping.  Sehingga memberikan kesan mewah dan sedap pada masakan yang sederhana ini.  Menjadikan puasa sebagai momen belajar meningkatkan ketaqwaan pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan adalah keharusan bagi kita orang tua.  Jadikan momen puasa sebagai pembentukan karakter anak sholih sebagai saku kita sampai hari akhir.  Selamat menikmati resep sayur asem istimewa ramadhan karim.





0 komentar:

Posting Komentar