Pages

Banner 468

Kamis, 16 Mei 2019

Penyebab bau mulut, atasi segera, jangan ditunda

0 komentar
          Penyebab bau mulut.  Bau mulut secara medis dikenal dengan halitosis.  Aroma nafas tidak sedap dapat mengurangi percaya diri ketika berbicara dengan sesama.  Apalagi saat bertemu dengan orang penting, tentu kita tidak ingin mau malu kan.  So,  sebagai seorang muslim, ketika ada masalah serius kesehatab seperti ini, maka ada baiknya kita serius dalam menanganinya.

          Kita disunnahkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.  Maka salah satu yang dianjurkan yaitu dengan menggosok gigi secara rutin. Bisa juga dengan rajin berkumur dengan obat kumur terpercaya tertunya. Tidak ada salahnya ya kita tahu penyebab bau mulut kita, agar kita bisa lebih menjaga diri. 

         Ada beberapa penyebab bau mulut yang biasa terjadi pada beberapa orang diantara kita

Bakteri pada lidah

Bau mulut ini bisa disebabkan oleh bakteri yang bersarang di lidah. Saat kita membersihkan gigi,  maka perlu juga membersihkan lidah kita dengan perbersih khusus,  biasanya pembersih ini sangat lembut. Setidaknya dengan alat ini dapat membantu optimalisasi pembersihan lidah. Pilihlah pembersih yang pas standar dengan lidah kita.

Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbo. Ini juga salah satu penyebab bau mulut.  Dimana bau ini berasal dari zat keton.  Zat yang berasal dari konsumsi rendah lenak,  tapi tinggi protein.  Namun tidak lama kok. Jika tubuh sudah bisa beradaptasi,  bau ini akan hilang dengan sendirinya.  Maka bisa dengan menguyah permen karet free gluten guna bebas bau mulut

Mulut yang kering

Konsumsi alkohol,  banyak kagein, kuliner pedas,  membikin mulut jadi kering.  Mulut kering dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Jumlah air liur ketika bangun tidur atau ketika puasa juga bisa membuat mulut tidak segar.

          Hindari jumlah makanan serta minuman penyebab mulut kering,  sehingga hal ini dapat mengurangi bau mulut.

Batuk dan pilek

Hal ini juga penyebab bau mulut.  Karena adanya bakteri berupa lendir seperti ingus dan dahak.  Ketika hidung tersumbat, mulut menjadi kering. 

Buahan kering

Kadar gula yang tinggi pada buahan kering membuat aroma nafas tidak sedap.  Gula adalah makanan dari bakteri penyebab bau mulut. 

          Seperempat secangkir kismis mengandung 21 g gula.  Yang setara dengan empatik teh pada gula pasir.  Lain itu,  buahan kering lengket dan menempel di gigi.  Jika tidak langsung dibersihkan bisa mempercepat perkembangan bakteri.

Obat obatan

Menkonsumsi obatan khusus, mulut juga akan mengeluarkan bau tidak sedap. Diantara obatan tersebut yaitu antidepreaan,  antialergi,  obat warungan,  itu semua bisa menahan air liur. 

        Saliva bisa menghilangkan bakteri dan sisa makanan.  Solusinya,  perbanyak minum air putih,  kunyah permen karet yang free gluten. 

         Berpuasa tidak jadi halangan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan mulut kan . Karena setiap kebaikan dan kemanfaatan di bulan puasa akan menjadi pahala ibadah penggugur dosa kita kaum muslimin.  Selamat menjalankan ibadah puasa dan menjaga kesehatan mulut ya. 



0 komentar:

Posting Komentar