Pages

Banner 468

Senin, 13 Mei 2019

Kulit Kering, rawat dengan kasih sayang

0 komentar
          Kulit manusia merupakan lapisan terluar tubuh.  Organ penting dalam sistem tubuh sebagai penutup.  Kulit mempunyai beberapa lapis jaringan ektodermal serta penjaga otot, jaringan tulang,  ligamen,  serta organ internal di bawah kulit. Kulit terdiri dari

Epidermis
Dermis
Hipodermis

Dimana kulit memiliki fungsi sebagai alat ekskresi atas adanya kelenjar keringat yang terletak pada lapisan dermis.

          Kulit fungsi utama ekskresi yaitu organ yang menerima rangsangan,  melindungi rusaknya fisik,  pelindung sengatan sinar,  melindungi dari bibit penyakit,  serta membantu mengatur suhu tubuh.  Ketika lingkungsn suhunya tinggi,  maka kelenjar keringat akan aktif,  pembuluh kapiler akan melebar.  Maka dari itu pentingnya dalam merawat kulit.

Kulit kering

         Jangan membiarkan kulit kita menjadi kering.  Kulit merupakan pelindung terluar tubuh,  perlunya menjaga dan merawat kulit.  Akan jadi masalah ketika kulit kita kering, mengatasi sejak dini adalah keharusan.  Maka perlunya kita tahu sebab kulit kering terjadi pada tubuh kita.

         Kulit kering,  tidak terlihat memang, tidak juga seperti sisik.  Namun saat kita raba,  baru terasa.  Kondisi ini bisa bikin kita minder dan kurang asyik di badan.  Secara medis,  xerosis ini memperlihatkan permukaan yang kasar.  Biasanya terasa kencang atsu kaku ketika mandi, setelah nandi,  atau saat berenang.       

          Kulit seperti ini memiliki ciri

kemerahan,
gatal,
Ada retakan atau berupa garis halus di kulit
Terdapat sisik atau sampai terkelupas

Jika sudah parah, biasa kulit akan retak yangbdalam dan berdarah.  Ini bisa memicu terjadinya dermatis ataupun radang kulit.  Bisa terjadi infeksi jika masala ini tidak segera diatasi. Meski kulit kering,  ada sisik,  gatal di bagian tubuh mana pun,  perlu ditangani dengan baik.

           Untuk kulit sehat, normal,  biasa terlapisi lipid atau substansi lak alami,  itulah yang membuat tekstur kulit jadi lembab,  kenyal,  serta lembut.  Ada beberapa faktor yang dapat memyebabkan hilangnya lapisan minyak tadi sehingga kulit tidak terlindung dengan baik.  Penyebab kulit kering sangat beragam,  kebanyakan faktor eksternal.  Kulit menjadi kering karena kandungan akan zat kimia dari sabun yang keras,  bahan pakaian bikin gatal,  salah dalam memakai pelembab,  lama dalam menggunakan air panas ketika mandi.

        Selain itu,  efek konsumsi obat rambut berlebihan. Itu beberapa faktor ekternalnya.  Ada pula faktor internal seperti

Gangguan kesehatan
Menopause
Predisposisi genetik

Itulah beberapa faktor internal penyebab kulit kering.  So rawat rambut dengan baik dan alami ya.



0 komentar:

Posting Komentar