Pages

Banner 468

Minggu, 19 Mei 2019

Gaya rambut, cari sunnah aja yuk!

0 komentar
         Rambut salahbsatu nikmat Alloh berikan pada kita manusia,  sebagai pelindung kepala dari bahaya luar.  Unik itulah rambut,  karena rambut sampai kapanpun tetap tumbuh.  Untuk rambut mempunyai pertumbuhan lebih cepat dari jaringan tubuh lain.  Begitu indah bagian tubuh satu ini.  Sampai dalamm Islampun mengkhususkan dalam memberikan arahan dalam merawat,  menelihara rambut ini.

         Rambut salah satu juga nikmat Alloh terhadap hambanya.  Sebagai pertanda kecantikan dan kesempurnaan manusia sebagai salah satu makhluk ciptaan Alloh.  Ketika manusia tidak mempunyai rambut,  ini bisa menjadi sebuah kekurangan ataupun aib,  bisa menimbulkan pertentangan.

           Islam sangat memberikan perhatian berlebih agar seorang muslim hidup

Teratur
Rapi
Baik
Sempurna

Dalam setiap sendi kehidupannya.  Melakukan perawatan akan rambut merupakan salah satu ibadah kepada Alloh.  Islam memberikan tuntunan yang baik akan hal rambut,  rambut merupakan bagian tubuh yang perlu dimuliakan.  Maka dari itu diajarkan adanya adab yang berkaitan dengan rambut seperti

Menyisir
Merapikan
Mencucinya.

Jangan mengacak acak rambut,  apalagi tidak merawatnya, karena merawat salah satu bentuk taatnya kita dan memuliakan ciptaan Alloh yaitu rambut.  Adab ini peelu dilakukan sebagai salah satu sunnah yang berganjar pahala.  Jangan asalakan ber- gaya rambut, tidak ada salahnya kita belajar adab akan rambut dalam agama kita.

          Islam agama sempurna,  sampai masalah rambut ada aturannya sebagai tanda Alloh memberikan kemuliaan pada ciptaannya walau sekedar rambut.  Menurut ulama rambut sangat penting untuk dilakukan perawatan dan pemeliharaan terkait juga sebagai salah satu ibadah. Berikut beberapa gaya rambut yang tidak diperbolehkan dalam Islam karena tidak sesuai dengan adab dan syariat Islam.

A.  Qoza

Mencukur rabut pada sebagian area kepala saja.  Hanya beberapa titik-titik saja,  sehingga pada bagian lain bagaikan gumpalan awan.  Atau mencukur hanya sebagian rambut kepala saja.

1. Menggundul secara acak.  Bagian kana saja,  kiri saja,  atas saja,  atau bawah saja,  bagian ubun-ubun saja,  atau tengkuk saja

2. Menggundul area tengah kepala,  menyisakan bagian lainnya

3. Menggundul samping kanan kiri,  menyisakan tengahnya saja

4. Menggundul ubun-ubun saja,  menyisakan yang lain

B.  Manjangin rambut tapi tidak mau memuliakan

Alloh tidak menyukai hambanya yang tidak menyayangi dirinya sendiri, salah satunya tidak merawat rambut dengan baik, membiarkannya begitu saja.

C.  Mencat uban menggunakan warna hitam

Karena hal ini diharamkan, ada baiknya konsultasi ke ahli fiqih dan demi kebaikan diri kita sebagai hamba

D.  Menyambung rambut

Sambung rambut,  salah satu gaya rambut yang banyak digemari saat ini.  Bahwasaya ada pembahasahan bahwa tidak diperbolehkan melakukan hal ini. Berikut menurut Imam Malik, Ath-Thabari dan banyak Ulama lainnya menyatakan bahwa menyambung rambut itu dengan rambut, wol atau potongan kain yang diperbolehkan.

Meminta sabda Nabi: “Allah melaknat perempuan yang menyambung rambut dan yang meminta disambung.”
Memakai gaya rambut tren saat ini boleh saja,  asalkan sesuai syariat,  tidak berkemauan sendiri.  So do it for your Alloh, do thing and usefull matter till JANNAH.



0 komentar:

Posting Komentar