Pages

Banner 468

Jumat, 17 Mei 2019

Cara menggunakan panci presto

0 komentar
Cara menggunakan panci presto

         Mengapa masak dengsn panci presto lebih cepat dibanding ketika masak dengam cara lain?  Panci presto dasarnya dilengkapi dengan tutup yang sangat rapat.  Uap airpun tidak dapat keluar , hanya berkumpul di dalam panci,  sehingga masak dalam suhu tinggi. Suhu inilah yang membuat masakan kita matang dengan cepat. 

          Selain itu,  panci ini lebih sehat dibuat untuk memasak.  Suhu tinggi ketika masak dalam panci,  dapat mematikan bakteri yang hanya mampu bertahan pada suhu 100 derajat Celcius.  Masak dengan panci ini pun bisa 70% lebih cepat dan sehat.  Proses masak cepat ini juga meningkatkan mutu masakan.  Karena kandungan gizi,  nutriai masih tetap terjaga karena proses masak yang singkat.

           Cara menggunakan panci presto bisa dengan mudah kita aplikasikan.  Tidak begitu ribet.  Umumnya pada pembelian pertama panci ini, tentu ada manual book di dalam kotak kardusnya.  Buku petunjuk pemakaian,  setidaknya akan menuntun kita dalam praktek menggunakannya.

Persiapan memasak

Ada 2 tipe panci presto,  satu panci yang dilemgkapi regulator pada atas pipa lubang ventilasi,  terdapat pada tutup panci.  Kedua, tipe panci dengan sistem tutup rapat,  diserta adanya katup pegas.  Sistem kerja keduanya sama,  menghasilkan uap air dalam wadah tertutup erat,  suhu tinggi untuk mempercepat makanan matang. 

            Sebelum memakai panci,  baiknya kita periksa dahulu.  Panci ideal,  fisik tidak penyok,  atau rusak lainnya. Periksa juga cincin karet panci,  karet harus bai.  Periksa juga tutup panci,  kita pastikan tidak retak, sehingga masakan tidak matang sempurna.

Masukkan bahan makanan

Isi panci dengan air.  Kapasitas air ideak 1 gelas,  panci tertutup butuh setengah gelas air.  Panci presto memang fokus dengan jumlah air untuk memasak.  Maka bisa kita atur untuk jumlah air dalam setiap proses memasak. 

         Jangan isi air sampai penuh pada panci.  Karena isi panci tidak boleh melebihi 2/3 kapasitas panci presto.  Sisa ruang pada panci untuk menstabilkan tekanan uap air.

Menentukan waktu masak

Waktu masak harus sesuai dengan jenis masakan yang akan kita olah.  Sesuaikan dengan grafik cooking time.  Tidak lambat mematikan api,  bisa jadi masakan akan lembek. 

Lepas tekanan dari panci

Masak dengan panci ini,  memang harua tahu cara menggunakan panci presto sesuai dengan petunjuknya untuk menghasilkan masakan yang pas dan enak.  Maka melepas tekanan dari panci harus pada waktu yang pas juga.  Jangan lepas tutup panci jika tekanan masih ada.  Ketika tutup susah dibuka,  maka jangan dipaksakan, artinya dalam panci masih terdapat tekanan tinggi dari uap air. Tunggu sampai benar-benar normal sempurna. 

          Untuk melepas tekanan dalam panci,  cukup matilan api dan biarkan beberapa menit sampai tekanan stabil.  Umumnya 10 – 20 menit pemasakab.  Selain itu,  melepas tekanan bisa dengan membuka katup pegas , biarkan uap keluar dari panci. Ketika uap habis dan tidak bersuara lagi,  maka tutup sudah bisa dibuka. Mudah bukan cara menggunakan panci presto.  Selamat mencoba. 




0 komentar:

Posting Komentar