Pages

Banner 468

Jumat, 10 Mei 2019

Cara Membuat Cilok Yummy huah huah

0 komentar
          Cara membuat cilok.  Siapa yang tidak kenal makanan ini ya guys. Hi hi ... Semua usia sudah mengenalnya.  Dari Sabang sampai Merauke pastilah sudah banyak mengenal.  Cilok pada dasarnya makanan khas dari Jawa Barat.  Berbahan dasar tapioka yang dikenyalkan,  diberikan bumbu tambahan yaitu sambal kacang,  juga kecap,  serta saus.  Memiliki bentuk bulat sebesar bola pimpong.

         Tapioka, sebagai bahan dasar cilok dihasilkan dati saripati umbi singkong. Mengandung karbohidrat,  protein namun rendah,  lemak jenuh,  juga sodium. Makanya makan beberapa butir cilok saja perut terasa kenyang,  bisa menjadi pengganjal makan besar. Cilok memang populer sebagai camilan modern, walau dengan kemasan yang sederhana.  Namun saat ini sudah ada beberapa pengusaha kuliner berinovasi dengan cilok berbagai varian rasa.  Keren bukan. Makanan desa tapi bisa mendatangkan rejeki kota.

         So saatnya kita tahu bagaimana cara membuat cilok kece dan asyik kali ini. Harus pandai berkreasi ya ibu-ibu. Maka bisa disediakan bahan-bahan sebagai berikut :

Tapioka sebanyak 100 g
Terigu bisa merk apapun sebanyak 100 g
Sediakan sebatang daun bawang
Sebatang seledri
Kaldu ayam bisa buat sendiri atau beli jadi.  Sediakan secukupnya
Sediakan air yang cukup
Gula juga secukupnya
Garam dan merica secukupnya

Ketika semua bahan telah siap,  maka tinggal kita eksekusi.  Cara membuat cilok kita yaitu

Kita siapkan wadah yang mudah untuk aduk adonan
Kita campurkan tapioka dan tepung,  kemudian aduk sampai rata
Kita tambahkan gula,  seledri,  juga merica,  garam cukupnya saja
Kemudian tambah kaldu ayam,  air yang cukup sambil aduk adonan
Jika sudah kalis dan mudah dibentuk,  lanjut yaitu kita masukkan daun bawang, setelah itu kita bentuk adonan bulat-bulat
Untuk membulatkan adonan,  bisa dengan tangan
Siapin panci,  isi air,  tambah garam,  tambah sedikit minyak goreng agar tidak lengket,  tunggu sampai mendidih. Setelah itu masukkan cilok bulat ke dalamnya. 
Ketika matang,  angkat,  tiriskan.  Biasanya akan mengapung kalo matang
Sajikan cilok cinta dengan saus sambal,  kacang,  juga tomat.  Yummy kan.

Untuk kreasi bisa menggunakan isian ikan tuna,  keju,  daging,  coklat, dan sebagainya.  Bagaimana cara membuat cilok mudah kan,  selamat mencoba.


         


0 komentar:

Posting Komentar