Pages

Banner 468

Jumat, 31 Mei 2019

Aplikasi yang sering digunakan selama Romadhon

0 komentar
Romadhon merupakan bulan berkah, seharusnya kita juga melakukan hal-hal atau amalan yang mengundang pahala akan kebaikan dan kemanfaatan. Selama romadhon tidak terlepas dari kehidupan nyata ataupun dunia maya. Salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk kebaikan adalah android untuk melakukan kebajikan, seperti membaca Alquran digital dan sebagainya.

Berikut beberapa aplikasi yang sering digunakan selama Ramadhan. Gunakan dengan kebaikan sebagai salah satu amalan kebaikan pada bulan suci Ramadhan. So check it out guys.

1. Al Quran Indonesia

Salah satu aplikasi yang sering saya gunakan di bulan Ramadhan 2019 kali ini adalah Al Quran Indonesia. Penting sekali aplikasi ini, karena seringnya saya keluar untuk antar jemput anak dan aktivitas keislaman lainnya, sangat membantu sekali ketika saya senggang dan freetime bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk membacanya. Sangat membantu dan memberikan saya kebaikan dan kemanfaatan berlebih di bulan ramadhan kali ini.

Al Quran Indonesia dengan terjemahannya bahasa Indonesia ini, dengan format MP3 murotal full. Terdiri dari 114 surat atau 30 juz. Ketika sudah diunduh bisa dibaca secara offline. Fitur-fitur yang disajikan diantaranya :

- Design yang menarik, menggeser layar untuk berpindah surah atau juz.

- Baca Al Quran bisa dengan mode layar lanscape atau portrait.

- Tersedia tema terang dan gelap.

- Surah Index (daftar Surah).

- Juz Index (daftar Juz).

- Rasm / penulisan (IndoPak dan Utsmani style).

- Tulisan latin (Transliterasi).

- Terjemahan Bahasa Indonesia, pilihan terjemahan (KemenAg-RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia).

- Salin (copy) ayat-ayat Al Quran.

- Bagikan (share) ayat-ayat Al Quran.

- Bookmark ayat-ayat Al Quran.

- Penanda bacaan terakhir.

- Tajwid berwarna.

- Backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke Cloud.

- Melihat kata per kata terjemahan berdasarkan dari Arabic-nya ke Bahasa Indonesia.

- Audio mp3 murottal 30 Juz (Pilihan qori ada 8, diantaranya: Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Fares Abbad, Syaikh Mahmud Khalil Al Husary, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al-Ghamdi, Syaikh Muhammad Jebril dan Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais).

- Audio control murottal (play, pause, stop, next, prev, repeat).

- Audio manager murottal (untuk mendownload atau menghapus file audio murottal sekaligus banyak).

- Pencarian ayat-ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan.

- Jadwal sholat atau waktu sholat dan imsakiyah termasuk alarm adzan.

- Kalendar jadwal sholat dan imsakiyah untuk 30 hari ke depan.

- Arah kiblat.

- Kalender hijriah.

- Seluruh fitur bisa berjalan offline (Al Quran offline).

* Dan fitur-fitur berikutnya yang sedang dalam pengembangan.

Bagaimana tertarik untuk mengamalkan sepenuhnya kebajikan di bulan ramadhan so cepat download apliaksinya di hp kamu ya.

2. Whatsapp

Ini mutlak harus ada, karena melalui ini saya melakukan banyak komunikasi dengan berbagai macam saudara, suami, handai taulan, teman, dan semua pihak. Dengan memiliki berbagai macam kegiatan offline dan online berbasis WA, maka aplikasi ini sangat membantu. Dengan komunitas kerohanian agama Islam, saya melalui aplikasi ini berdakwah dan beramal ilmu dengan teman-teman yang mengerti betul akan agama. Setidaknya menambahkan sedikit kebaikan ilmu dan adab akan agama saya.

WA merupakan aplikasi untuk pesan tersedia pada android  berbasic seperti BB messenger. Aplikasi ini dengan pesan lintas platformnya, membuat kita bisa bertukar pesan tanpa biaya lagi, karena menggunakan paket data internet, sama dengan email, browsing web dan sebagainya.

Aplikasi ini memanfaatkan koneksi internet 3G, 4G, ataupun wifi guna komunikasi data. So gunakan sebaik-baiknya aplikasi ini untuk tuai kebajikan di bulan ramadhan.

3. Telegram

Aplikasi ini merupakan kesukaan saya setelah WA, dimana tiada banyak gangguan terhadap aplikasinya, walau beberapa hari lalu di 21 - 23 Mei 2019 lalu sempat internet Indonesia down menyebabkan beberapa aplikasi down tidak dapat digunakan. Melalui aplikasi ini tidak terpengaruh sama sekali, bahkan komunitas keislaman dan Ibu Profesional kami masih bisa melakukan aktivitas online untuk kuliah dan diskusi online.

Delapan fitur yang dimiliki oleh telegram, sehingga menjadi salah satu alternatif dalam pembentukan sebuah komunitas online.

- fitur edit message.

Kita pernah salah ketik ketika chat dengan teman, maka kesalahan ketik itu bisa menjadi masalah ketika tidak segera diperbaiki. Dengan fitur ini, kita bisa mengubah salah ketik tersebut dan memperbaruinya, tanpa teman yang terima chat salah tadi tahu akan kesalahan kita.

- secret chats.

Informasi pribadi bisa diketahui jika seorang teman membaca chat kita yang telah lalu, maka fitur ini bisa menyembunyikan percakapan yang tidak ingin orang lain tahu. Percakapan dapat tersimpan di server Telegram, dan bisa hilang dengan sendirinya.

- Bisa mengirim file dalam ukuran besar

Bisa menampung file sampai 16 MB. Maka dengan Telegram bisa mengirim file sampai ukuran maksimal 1,5 GB. Untuk sebuah handphone sudah sangatlah besar memori segitu. Menggunakan semua aplikasi untuk kebaikan dan kemanfaatan adalah sesungguhnya akan mendatangkan keberkahan dalam kehidupan.
Itu beberapa aplikasi yang digunakan selama romadhon olehku, semoga bermanfaat.



0 komentar:

Posting Komentar