Pages

Banner 468

Rabu, 29 Mei 2019

Amalan puasa, amalan surga

0 komentar
Amalan puasa. Bulan Ramadhan, bulan istimewa untuk kami muslim. Sebagai bulan pernuh dengan ampunan, bulan yang datang dalam setahun sekali, membuat kami muslim selalu merepotkan diri dalam menyambutnya, begitu senangnya hati kami akan bulan ini. Bulan yang dijadikan Alloh sebagai bulan terbaik dan penuh dengan ampunan dan terkabulnya doa.

Maka memperbanyak amalan puasa yang baik dan manfaat adalah berpahala tiada tara, dengan balasan surga bagi yang sabar dan ikhlas dalam menjalankannya. Siap baca artikelnya ya akan pentingnya beramal baik di bulan puasa kali ini.

Berpuasa

Puasa itu sendiri merupakan amalan utama di bulan suci Romadhon ini. Sebagai kewajiban juga tanda tunduk kita orang muslim kepada Alloh SWT sebagai penguasa alam semesta. Puasa ini adalah ketentuan Alloh yang sudah diberikan aturan main secara pasti di dalam Al Quran dan Hadist. Dilaksanakan dalam 29 hari atau 30 hari.

Puasa ini kenapa wajib hukumnya, dikarenakan banyak hikmah di dalamnya. Menghapuskan kesalahan, terampuni dosa kita bagi yang menjalankan dengan sabar dan ikhlas. Namun amalan ini harus dijalankan dengan kekuatan iman yang baik, mengharapkan ridho Alloh SWT semata. Hikmah berikutnya yaitu, amalan ini adalah penegakan rukun Islam yang ke-4. Sehingga ketika sengaja meninggalkan akan mendapatkan dosa.

Makan sahur

Dikarenakan puasa adalah menahan lapar dahaga sesuai dengan ketentuan Alloh SWT. Maka ada aturan bahwa kita disarankan untuk bersahur, atau makan berat ataupun ringan sebelum masuknya waktu subuh. Untuk menyehatkan badan, juga memberkahi fisik dan batin kita selama berpuasa.

Mengakhirkan makan sahur

Kita bangun sahur terkadang tergoda untuk bermalas-malasan. Maka tidak heran banyak yang sahur di jam yang masih jauh dari waktu Subuh. Pada intinya, sahur ketika di jam sepertiga malam masuk dalam makan malam walau dengan niat puasa. Baiknya diakhirkan makan sahur ini menjelang imsak, ini juga menghindarkan kita dari bablas sholat Subuh.

Menyegerakan dalam berbuka

Makan buka, sangat dianjurkan untuk diawalkan, terdengar adzan baiknya langsung disegerakan dalam berbuka. Anjuran dengan segelas air putih dan kurma. Kemudian laksanakan sholat Magrhrib, setelahnya makan berat seusai anjuran, tidak kekurangan dan tidak berlebihan.

Menjalankan sholat 5 waktu

Ini adalah wajib adanya, meninggalkan adalah dosa. Maka memperbaiki pola sholat 5 waktu ketika Ramadhan adalah baik. Sholat tepat waktu dan menyempurnakan gerakan dan bacaan sholat, baik untuk kesempurnaan ibadah di bulan suci Ramadhan. Pahala sholat 5 waktu di bulan ini sangatlah besar dan penuh berkah.

Sholat tarawih

Sholat sunnah satu ini sangatlah dianjurkan, sebagai amalan puasa khusus dan baik di bulan ini. Penuh dengan hikmah, pahala, doa yang sangat ijabah, maka jangan sampai tertinggal akan sunnah satu ini. Baik sekali dilaksanakan di masjid ataupun di rumah, baik lagi dilakukan secara berjamaah.

Baca Alquran

Membaca Alquran adalah kebaikan tiada tara. Hikmah, pahala, dan berkahnya bisa menyelamatkan kita dunia dan akhirat, namun masibh banyak kita muslim yang mensia-siakan amalan terbaik satu ini. Semangat ya dalam melakukannya. Amalan puasa ini sangat istimewa, oleh karenanya Alloh SWT sangat menganjurkan kita muslim untuk membacanya dalam keadaan apapun.

Bersedekah jariyah

Sedekah salah satu amalan di bulan puasa yang menghasilkan pahala berlimpah dan berlipat ganda, unlimited price of Jannah bisa dibilang seperti ini. Anjuran ini sangat disarankan, guna membersihkan harta kita dari keburukan-keburukan yang mungkin nempel pada harta kita, naudzubillahimindzalik. Dengan sedekah jariyah meringankan kita dalam jalan menuju surga.

Berdzikir

Dzikir merupakan aktivitas ringan, sederhana, namun berkhasiat sangat besar. Mudah untuk diucapkan namun terkadang susah untuk dilakukan. Maka siapa yang terbiasa berdzikir dalam lisan dan hati, semakin memancarkan kebaikan dan kerahmatan seseorang tersebut. Karena sinar kasih sayang dari dzikir ini dapat dirasakan setiap orang yang dekat dengan muslim yang hatinya selalu dalam kebersihan. Apalagi dalam bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini, tentu hal ini sangatlah dianjurkan karena pahala yang berlimpah dan tiada terkira. Kita lakukan dalam setiap waktu, apapun keadaan kita, dalam kesendirian, keramaian, kapan pun, mumpung masih di dalam bulan yang istimewa ini.

Memberi makan orang yang berbuka

MasyaAlloh sungguh Alloh benar-benar tidak pernah mensia-siakan setiap hambanya yang beramal sholih dalam bulan ini. Seseorang yang hanya memberi makan pada orang yang sedang berpuasa saja adalah pahala, tiada terkira dan tertulis pahala. Mari kita maksimalkan amal kebaikan di bulan kebaikan ini.
Amalan puasa ini, sederhana tapi pahalanya sama dengan orang yang tunaikan puasa. Berbahagialah muslim yang sering berjasa di masjid-masjid dalam menyiapkan makanan buka.

Melakukan dakwah

Saling mengingatkan dalam kebaikan dan kemanfaatan adalah penting. Mengingatkan dalam hal tidak melakukan kemunkaran pun juga penting. Itulah esensial dakwah, bisa kita lakukan pada diri sendiri terlebih dahulu, pasangan, anak-anak, keluarga besar, masyarakat. Maka setidaknya kita melakukan dakwah yang sederhana dan mudah diterima tanpa menggurui dan membahasakan dengan bahasa lemah lembut.

I'tikaf

Ini sangat dianjurkan. Terutama pada malam-malam terakhir, sebenarnya disarankan sejak awal malam puasa untuk selalu beriktikaf di masjid-masjid untuk mendapatkan kebaikan malam di bulan romadhon, terutama malam Lailatul Qodar. Malam yang sangat mulia dari seribu bulan lamanya, siapa mendapatkannya adalah sebuah anugerah terindah dari Alloh SWT.

Umroh

Pahalanya sangat besar ketika melakukan umroh di bulan suci ini. Bisa merasakan nikmatnya puasa di Makkah dan Madinah kota Nabi.

Taubat

Kita semua tidak luput dari dosa, maka tidak ada salahnya kita dan anak-anak memanjatkan taubat sebaik-baik taubat dari segala kesalahan dan noda yang bergelayut selama di luar bulan Romadhon. Semoga Alloh karuniakan kebaikan dan kemanfaatan hidup kepada kita dunia dan akhirat selama selalu bertaubat.

Zakat fitrah

Pembersih diri untuk menyempurnakan puasa kita selama sebulan lamanya. Ini adalah wajib dan pembersih kita dari noda kehidupan dari baligh sampai sekarang.
Memperbaiki diri secara sempurna dengan sekuat tenaga dan upaya agar Alloh Alloh SWT karuniakan kita dan keturunan kita keselamatan dunia dan akhirat.



0 komentar:

Posting Komentar